Selasa, 18 September 2012

DRIVER



Skema rangkaian driver 1


Gambar posisi kaki transistor
Deskripsi :
Rangkaian ini berfungsi sebagai driver atau pengendali beban output yang dapat digunakan dihampir semua rangkaian pengendali/control.Pada aplikasinya driver digunakan sebagai  jembatan antara rangkaian sensor dengan rangkaian utama. Rangkaian sensor dapat berupa rangkaian sensor cahaya, mekanik dan lain sebaginya.Sedangkan rangkaian utama adalah rangkaian yang akan dikendalikan misalnya sirine, lampu, pompa air dan lain sebagainya.
 Relay dapat menggunakan tegangan koil/kumparan 5V, 6V, 9V, 12 V maupun24V tergantung dari tegangan sumber yang digunakan. Pada gambar diatas menggunakan tegangan koil 12V karena tegangan sumber yang terpasang adalah 12V. Sedangkan untuk kontak dapat digunakan sebagaimana saklar manual biasa.
Cara kerja rangkaian driver diatas adalah pada saat kaki basis transistor diberi tegangan positif yang dari misalnya  output rangkaian sensor maka transistor akan menghantarkan arus negative dari kaki emitor ke kaki kolektor (transistor jenis NPN). Hal ini menyebabkan relay bekerja. Kontak-kontak relay akan berpindah dari C-NC ke C-NO. Jika tegangan input pada kaki basis ditiadakan, maka kaki kolektor transistor tidak akan mengeluarkan tegangan negative sehingga relay akan non aktif kembali.
Pemasangan diode digunakan untuk menghilangkan tegangan induksi yang sangat tinggi pada saat perubahan dari ada manjadi tidak ada arus dari transistor. Tegangan induksi ini sangat tinggi dan akan merusak transistor.Dioda yang digunakan 1N4001 atau 1N4002.
Kaki-kaki kontak pada relay dapat dihubungkan dengan beban lain baik DC maupun AC. Tetapi harus diperhatikan besar-kecilnya arus yang dapat dilewatkan melaui kontak relay. Besar kecilnya kemampuan kontak relay dapat berbeda pada tiap relay yang digunakan.
LED digunakan sebagai indicator bekerja atau tidaknya relay, sedangkan resistor pada input digunakan sebagai pembatas arus agar arus yang masuk ke kaki basis transistor sesuai dengan spesifikasi transistor.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...