Sabtu, 15 September 2012

MINIATURE CIRCUIT BREAKER ( MCB )


MINIATURE CIRCUIT BREAKER (MCB)
          Miniature Circuit Breaker atau lebih umum disingkat MCB merupakan komponen instalasi listrik yang berfungsi sebagai pengaman terhadap daya lebih. Dengan memasang MCB gangguan karena hubung singkat, beban lebih pada rangkaian akan dapat dicegah. Secara umum fungsi MCB antara lain :
1.      Membatasi Penggunaan daya Listrik
2.      Mematikan listrik secara otomatis  apabila terjadi hubungan singkat ( Korslet )
3.      Mengamankan Instalasi Listrik baik penerangan maupun instalasi tenaga
4.      Membagi daya pada instalasi rumah menjadi beberapa bagian, sehingga lebih mudah untuk mendeteksi kerusakan instalasi listrik
Simbol MCB


Bentuk-bentuk MCB



Bagian-bagian MCB

Cara kerja MCB adalah pada saat MCB
1.    Berdasarkan panas.Pada MCB terdapat plat bimetal (perpaduan 2 logam yang berbeda koefisien muai panasnya). Bimetal akan melengkung jika terjadi panas berlebihan yang melaluinya. Plat bimetal yang melengkung karena panas akan menggerakkan tuas pemutus dan akan memutuskan arus listrik.
2.    Berdasarkan elektromagnetik .Pemutusan arus listrik dengan metode ini dilakukan oleh coil yang terdapat pada MCB. Apabila terjadi arus berlebihan (melebihi batas MCB) maka coil akan terinduksi sehingga akan menghasilkan medan magnet yang akan menarik tuas pemutus, sehingga kontak MCB akan terputus.

Besar kecilnya kemampuan MCB memutuskan arus listrik bergantung pada spesifikasi masing-masing MCB. Sebagai contoh untuk MCB dengan kapasitas 2A maka MCB akan bekerja memutus arus listrik jika arus listrik yang melalui MCB melebihi 2A. Tiap-tiap instalasi harus memperhitungkan dengan seksama kebutuhan  daya dari tiap instalasi yang dipasang.
Perlu diperhatikan juga untuk penggunaan pada instalasi tenaga yang menggunakan 3 fasa maka pada saat MCB terjadi trip ( gangguan ) maka ketiga MCB yang dihubungkan pada tiap fasa (RST) harus membuka / putus bersama-sama.                                    



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...