Sabtu, 15 September 2012

SAKLAR / SWITCH


SWITCH
Switch atau saklar merupakan suatu komponen yang umum digunakan pada rangkaian elektronika maupun listrik. Fungsi utama saklar atau switch adalah menyambung dan memutus arus listrik.


Simbol saklar
           
Secara umum ada jenis 4 sambungan pada saklar yaitu SPST, SPDT, DPST dan DPDT. Sedangkan jenis kontak yang dimiliki oleh kontak saklar ada 2 jenis yaitu NO (Normally Open) yaitu kontak saklar pada kondisi awal terbuka , dan NC ( Normally Close) yaitu kontak saklar pada kondisi awal tertutup.
                         


                                 Simbol NO                 Simbol NC 
Dari symbol diatas saklar dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.    SPST (Single Pole Single Throw) ; merupakan saklar paling sederhana dengan satu common(A) dan satu output(B). Konstruksi ini digunakan juga pada saklar tunggal berfungsi sebagai saklar penyambung dan pemutus ( On-Off)
2.    SPDT ( Single Pole Double Throw) ; merupakan saklar yang memiliki 1 common (C) dan  2 output (A dan B). Digunakan terutama untuk hubungan tukar.
3.    DPST (Double Pole Single Throw) ;merupakan saklar dengan kombinasi dua buah saklar jenis SPST yang bekerja bersamaan.Memiliki 2 Common (A1 dan A2) dan 2 output (B1 dan B2). Konstruksi ini digunakan pada saklar kutub ganda.
4.    DPDT (Double Pole Double Throw) ;merupakan saklar kombinasi dua buah saklar SPDT yang bekerja bersamaan. Memiliki 2 common (C1 dan C2) serta masing-masing common memiliki 2 buah output yaitu (A1 dan B1 serta A2 dan B2). Konstruksi saklar DPDT ini dikembangkan selanjutnya menjadi saklar silang pada hubungan silang instalasi penerangan listrik.  
Gambar diatas merupakan contoh saklar atau switch umumnya untuk aplikasi elektronika, sedangkan contoh sakla atau switch umumnya untuk aplikasi instalasi listrik tenaga dapat dilihat pada gambar dibawah ;





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...