Sabtu, 15 September 2012

TIME DELAY RELAY


TIME DELAY RELAY
          Time Delay relay (TDR) adalah salah satu komponen yang digunakan pada instalasi tenaga listrik  pada aplikasi yang menggunakan penundaan. Bagian utama TDR adalah kontak-kontak relay baik NO (normally open ) dan NC (normally close) yang akan bekerja berdasarkan seting waktu tertentu.
          Pada instalasi motor atau tenaga listrik penggunaan TDR dikombinasikan dengan komponen instalasi tenaga lain untuk fungsi penundaan misalnya pada intalasi traffic light, pengendali motor hubungan star-delta otomatis, motor berurutan dan sebagainya.


Simbol TDR 8 pin


Bentuk TDR



Kaki-kaki pada TDR berbagai type
          Kaki-kaki TDR antara lain untuk jenis soketi OP41 dan OP43 memiliki 8 kaki yang berfungsi sebagai : 2-7 (source / sumber tegangan),1-4 (NC),1-3 (NO),8-5(NC),8-6(NO)
Sedangkan untuk jenis soket OP42 memiliki 11 kaki yang berfungsi sebagai : 2-10 (source / sumber tegangan),1-4 (NC),1-3 (NO),11-8(NC),11-9(NO).
Cara kerja TDR adalah ( lihat symbol TDR diatas ) pada saat kaki-kaki source (2-7) diberi tegangan maka timer atau rangkaian pewaktu pada tdr akan bekerja sesuai waktu yang ditentukan. Saat waktu yang ditentukan maka kontak NO (1-3 , 8-6) akan menutup dan kontak NC (1-4, 8-5) akan membuka. Lama dan tidaknya waktu bergantung setting yang kita lakukan pada timer.  

           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...