Sabtu, 15 Desember 2012

HARDWARE LPT CONTROLLER


Pesatnya perkembangan teknologi elektronika dan computer sangat berpengaruh terhadap banyaknya jenis pengontrolan pada pengendali motor listrik atau instalasi tenaga listrik. Hal ini menuntut kita untuk selalu berusaha mengikuti perkembangan teknologi pengendalian atau control agar teknologi yang kita gunakan selalu mengikuti perkembangan terkini ( up to date) .
Salah satu pengendali rangkaian motor listrik atau instalasi tenaga listrik yang dibahas kali ini adalah pengendalian menggunakan rangkaian elektronika dan computer. Pengendali ini menggunakan Software Syaraf Listrik 1.01 yang bersifat bebes (Freeware)  dan merupakan software yang dibuat serta dikembangkan oleh warga Negara Indonesia.  Pemilihan pengendali jenis ini dirasa sangat diperlukan dengan tujuan :
-          Mengembangkan ide-ide dasar pengendalian menggunakan teknologi elektronika terkini
-          Mengembangkan ide-ide dasar pengendalian menggunakan teknologi computer.
-          Memberi gambaran nyata pemanfaatan teknologi elektronika dan computer dalam pengendalian rangkaian instalasi tenaga listrik / motor listrik
-          Bangga memakai dan mengambangkan produk buatan bangsa Indonesia
-          Merangsang pemikiran agar selalu berkembang dan mengembangkan teknologi khususnya dibidang teknik instalasi tenaga listrik.

Pengendali elektronik berdasarkan sistem yang digunakan ada  2 jenis yaitu :
1.Maksimum sistem dan
2.Minimum sistem 

Untuk LPT Controller termasuk jenis Maksimum sistem (menggunakan PC sebagai pengendali langsung)

           
1.1. Bagian Utama Sistem Pengendali
a.       Komputer
Spesifikasi minimum yang disarankan :
Prosesor setara Pentium II, RAM minimal 32 MB. Sistem Operasi yang dapat dijalankan adalah MS Windows mulai Windows 95, 98, 2000, serta XP. Untuk simulasi praktikum digunakan MS Windows XP.
Agar dapat berinteraksi atau berhubungan dengan input atau output dari luar (saklar, magnetic Contactor, lampu indicator dsb) maka pada computer harus tersedia port parallel LPT.
Software yang digunakan untuk pengontrolan adalah Syaraf Listrik 1.01 programer Ahmad Muamar.

b.      Antar Muka
Antar muka atau Interface adalah bagian perangkat keras / hardware yang berfungsi sebagai driver atau perangkat penghubung antara computer dengan media input atau output.
b.1. Power Supply

b.2. I/O Driver

Penggunaan masing masing pin / kaki konektor LPT adalah sebagai berikut :

Cara menghubungkan pin untuk fungsi output adalah :
1.      Kaki pin No.2 digunakan untuk output 1
2.      Kaki pin no. 3 digunakan untuk output 2 
Dan seterusnya lihat table diatas
                  Demikian juga untuk menghubungkan pin fungsi input adalah :
1.      Kaki pin no.15 digunakan untuk input 1
2.      Kaki pin no. 13 digunakan untuk input 2
Dan seterusnya lihat table diatas.

Dalam aplikasi praktikum, driver yang digunakan memiliki fungsi input sebanyak 5 yaitu I1, I2, I3, I4 dan I5, serta fungsi output sebanyak 10 yaitu K1, K2, K3, K4, K5, K6, K7, K8, K9, 10. Fungsi output dapat diperbanyak hingga K12 (perhatikan table diatas). Jika ingin menambah input (lebih dari 5) maupun output (lebih dari 12 ) dapat dilakukan dengan menambah rangkaian tambahan berupa multiplexer atau rangkaian sejenisnya. Tetapi untuk praktikum dasar pengendali menggunakan rangkaian elektronika serta computer kali ini dengan menggunaan 5 input serta 10 output sudah sangat memadai.

                                      FOTO Driver LPT lengkap.(tampak atas)

FOTO Driver LPT lengkap.(tampak bawah)

Artikel terkait baca juga disini

         Pada Hardware diatas digunakan untuk praktikum pengendalian menggunakan beban listrik sesungguhnya melalui Relay Driver misalnya untuk praktikum pengendalian rangkaian lampu pijar serta motor listrik. Sedangkan untuk praktikum yang sederhana, terutama untuk praktikum dasar-dasar logika pengendalian dapat juga menggunakan rangkaian LED Driver yang lebih murah. 
Gambar Rangkaian pengendali LED 

                   Pada rangkaian diatas, hanya menggunakan beban berupa LED. Untuk pemasangan ke pin konektor tabel yang digunakan juga sama. Untuk input I1 sd I5 dapat menggunakan saklar jenis miniswitch atau sejenisnya. resistor yang digunakan 330 Ohm.

Pengendali LED tampak atas

Pengendali LED tampak depan

Pengendali LED tampak bawah

Hardware pengendali LED yang digunakan terdiri dari 10 LED untuk output dan 4 mini switch sebagai input. Dan dapat dikembangkan sampai dengan 12 output LED dan 5 input mini switch.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...