Kamis, 29 Agustus 2013

Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik (2)


          Sama seperti pada aplikasi “Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik (1)” , fungsi utama dari rangkaian ini adalah sebagai pengaman jika terjadi polaritas sumber tegangan yang masuk ke rangkaian elektronik terbalik. Hanya saja pada aplikasi ini ditambah dengan LED (Lighting Emiting Dioda) yang berfungsi layaknya indicator atau lampu tanda bahwa terjadi salah polaritas.
          Rangkaian pertama sebagai berikut :


          Pada rangkaian ini menggunakan LED1 sebagai indicator jika polaritas battery yang masuk ke rangkaian elektronik terbalik. Cara kerjanya adalah, pada saat battery dalam posisi normal (tidak terbalik) lampu indicator LED1 tidak menyala. Karena kaki katoda pada LED mendapat tegangan positip battery. Sedangkan kaki anoda pada Dioda 1 mendapat tegangan positif battery (bias maju) sehingga arus listrik dapat mengalir ke rangkaian elektronik.
Tetapi pada saat battery terbalik polaritasnya, maka lampu indicator LED akan menyala dikarenakan kaki anoda pada LED1 mendapat tegangan positif dari battery. Selain itu, karena kaki anoda mendapat tegangan negative battery (bias mundur), maka arus listrik dihambat untuk masuk kerangkaian elektronika.

Jadi dengan menerapkan rangkaian diatas, lampu indicator LED akan menyala memberi tahu kita jika terjadi salah pemasangan polaritas battery.
........Semoga bermanfaat............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...