Jumat, 30 Agustus 2013

Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik (4)


          Sama seperti pada aplikasi “Dioda sebagai pengaman polaritas terbalik pada rangkaian Elektronik” , sebelumnya, fungsi utama dari rangkaian ini adalah sebagai pengaman jika terjadi polaritas sumber tegangan yang masuk ke rangkaian elektronik terbalik. Hanya saja pada aplikasi ini menggunakan 4 buah diode tanpa dilengkapi indicator apapun.
          Dengan menggunakan konfigurasi 4 dioda yang dipasang secara jembatan (bridge) ini, rangkaian elektronika akan tetap berfungsi dengan baik meskipun polaritas battery sumber tegangan di bolak-balik.
          Perhatikan rangkaian berikut :


          Cara kerja rangkaian diatas adalah sebagai berikut :
-      Pada saat polaritas normal (battery tidak terbalik pemasangannya) arus listrik akan mengalir menuju rangkaian elektronika dikarenakan diode 2 menghantarkan arus positif dan diode 3 mengahntarkan arus negatif.

Perhatikan rangkaian berikutnya :



-      Pada saat polaritas battery terbalik pemasangannya, maka arus listrik tetap mengalir dengan sempurna disebabkan D1 mengahntarkan arus negative dan D4 menhantarkan arus positif.

Jadi pada rangkaian ini, rangkaian elektronika tetap mendapatkan arus listrik meskipun terjadi kondisi pemasangan sumber tegangan (battery) yang dibolak – balik.

...................Semoga bermanfaat......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...