Kamis, 24 April 2014

Kegiatan Kunjungan Industri 2014


Dalam rangka menjamin mutu hasil pendidikan, SMK Ibrahimy Panji menerapkan model pendidikan berbasis kompetensi yang merupakan ciri khas dari SMK yang digali dari hasil akselerasi kurikulum pendidikan yang disusun bersama-sama dengan dunia industri.
Tujuan diterapkannya model pendidikan dimaksud di atas adalah untuk memberikan nilai tambah bagi peserta didik di SMK Ibrahimy Panji agar memiliki kemampuan kompetensi profesi yang memadai. Adapun rancangan model pendidikan yang di tuangkan dalam kebijakan pendidikan pada setiap siswa/peserta didik di SMK Ibrahimy Panji antara lain :
1.   Siswa kelas XI (pada awal semester 4 / genap)  wajib melaksanakan Praktek Kerja Industri selama 3 bulan.
2.    Siswa kelas XI (pada akhir semester 4 / Genap) wajib mengikuti kegiatan kunjungan industri di industri seprofesi sebanyak (1) lokasi Dunia Industri, yang di sebut dengan Program Kunjungan Industri.
     
Kunjungan Industri bagi siswa kelas XI semua program keahlian SMK Ibrahimy Panji Tahun Pelajaran 2013/2014 memiliki tujuan antara lain :
·        Para siswa dan guru SMK Ibrahimy Panji dapat melihat dan belajar secara langsung aktivitas yang dilakukan di dunia industri yang sesuai dengan profesi bidang keahlian masing-masing ;
·       Para siswa dan guru dapat mengambil pelajaran berharga dari pengalaman kunjungan industri tersebut, sehingga dapat memacu dan membangkitkan semangat untuk berkarya dan hidup mandiri tanpa membebani kepada orang tua ; 
·  Para siswa dan guru dapat melihat dan merasakan langsung pentingnya meningkatkan kompetensi sesuai bakat dan program keahliannya. Sekaligus melihat bagaimana membiasakan hidup dengan bekal kemampuan etitut untuk berlatih dan membiasakan hidup dengan  bekal  kemampuan attitude (sikap, tingkah laku, dan disiplin yang tinggi) yang wajib  dimiliki setiap peserta didik ;
·  Mempererat hubungan antar SMK Ibrahimy Panji dengan institusi pasangan guna mengembangkan kerjasama yang lebih kongkrit sampai ke tingkat MOU tentang kunjungan industri, training bagi guru-guru SMK Ibrahimy Panji di industri , informasi lowongan kerja dan kemungkinan bantuan peralatan/komponen yang diproduksi oleh industri tersebut.

·         Memfalitasi kepada para siswa dan guru SMK Ibrahimy Panji untuk dapat melihat dan merasakan secara langsung tentang segala aktifitas yang diterapkan di dunia industri seprofesi sehingga dapat  mengambil pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga untuk dapat diimplementasikan selama mengikuti / menyelenggarakan diklat di SMK Ibrahimy Panji.
·         Memotifasi dan membangkitkan semangat belajar para siswa dan guru, untuk terus menerus mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kompetensi sesuai  profesi guna meraih prestasi terbaik guna untuk mencapai sukses hidup setinggi-tingginya.
·         Membuka cakrawala berpikir para siswa sehingga diharapkan dapat mengambil pelajaran positif tentang bagaimana cara membentuk sikap dan tingkah laku serta kedisiplinan kerja sebagai seorang mekanik / teknisi yang berkualitas sehingga setelah tamat mengikuti diklat di SMK Ibrahimy Panji  dapat segera terserap di dunia kerja.


  
Pada tahun 2014 ini sasaran kunjungan industri adalah VEDC (Vocational Development Center ) atau PPPPTK / BOE Malang Jl. Teluk Mandar - Arjosari - MalangJawa Timur pada tanggal 17 April 2014 yang lalu.

Pada kegiatan kunjungan industri kali ini di ikuti 90 peserta dan panitia SMK Ibrahimy Panji  dengan perincian :
-            Guru pembimbing sebanyak   9 orang
-            Siswa TKR sebanyak            21 orang
-            Siswa TSM sebanyak            36 orang
-            Siswa TITL sebanyak           12 orang
-            Siswa TKJ sebanyak             18 orang

Total          96 orang


Briefing oleh pembina saat tiba di halaman VEDC / PPPPTK Malang

Persiapan di AULA PPPPTK / VEDC Malang

Dari Kiri ke kanan
Waka Humas (Bp. Imran Rasyadi,SPd), WMM (Bp. Husain Fajri,SPd)
3,4 (Wakil dari VEDC/PPPPTK Malang)

Serah terima cindera mata 

Foto lainnya klik disini

Setelah mengikuti kegiatan Kunjungan Industri, siswa wajib membuat laporan kegiatan tentang hal-hal yang diamati sesuai program keahlian masing -masing, termasuk angan dan harapan siswa setelah mengikuti kegiatan ini. 
Semoga setelah kegiatan ini, baik siswa maupun guru mendapat wawasan baru untuk mengembangkan SMK Ibrahimy Panji menjadi lebih baik.  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...