Sabtu, 05 April 2014

TMII - Sebuah Miniatur Keragaman Budaya Bangsa Indonesia

" Bangsa yang besar adalah bangsa yang bangga akan jatidirinya "



Sebagai bagian dari bangsa - bangsa didunia, Indonesia sudah sepantasnya bangga dan selalu bersyukur atas  kenikmatan luar biasa yang dimiliki bangsa kita. Dengan ribuan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke belumlah cukup bagi kita untuk mengungkapkan kekayaan yang luar biasa di tanah air kita.



Keragaman budaya dari berbagai suku bangsa serasa menambah bangga, betapa Sang Maha Pemurah telah memilih Indonesia sebagai deretan mutiara yang terus menerus akan berkilau sepanjang masa. 




Berbagai jenis rumah adat, pakaian adat, tari tradisional dapat kita jumpai di negeri ini. Tak lekang oleh waktu selama anak negeri memiliki tanggung jawab untuk terus menjaga dan melestarikannya.


Demikian juga berbagai agama, keyakinan serta kepercayaan dapat kita temui telah terbingkai dalam BHINNEKA TUNGGAL IKA.Sebuah semboyan yang "WAJIB" ditanamkan dalam-dalam secara sadar pada diri setiap individu bangsa Indonesia. 





Alam Indonesia memiliki beragam flora dan fauna yang hidup baik di darat, laut maupun udara. Komodo, kasuari, cendrawasih, badak jawa, harimau sumatera , anoa serta sederetan fauna lain serta fauna yang tidak bisa disebut satu persatu merupakan warisan yang tak ternilai.

Sungguh sesuatu yang sangat membanggakan ketika putera-putera Indonesia masih memiliki tanggung jawab untuk memelihara serta melestarikan kekayaan yang luar biasa ini.

Sejak berdirinya 39 tahun Taman Mini Indonesia Indah telah banyak memberikan hasil karya yang luar biasa dengan mengemas keanekaragaman Indonesia dengan menghadirkan antara lain  :

33 Anjungan daerah, yaitu Anjungan NAD, Sumetera Utara, Sumatera Selatan,  Sumetera Selatan,  Kep. Riau,  Jambi,Riau,  Bengkulu, Bangka Belitung, Lampung ,  Banten , DKI Jakarta,  Jawa Barat,  Jawa Tengah, DI Yogyakarta,  Jawa Timur,  Bali,  Nusa Tenggara Barat,  Nusa Tenggara Timur,  Kalimantan barat,  Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur,  Kalimantan Tengah,  Sulawesi Utara, Gorontalo,Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Anjungan Papua

16 Museum yaitu Museum Minyak dan Gas Bumi, Museum Transportasi, Museum Indonesia Komodo,Museum Listrik & Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Penerangan, Museum Bay'at Alqur'an, Museum Keprajuritan, Museum Serangga, Museum Asmat, Museum Olah Raga, Museum Timor Timur, Museum Purna Bhakti Pertiwi, Museum Perangko, Museum Pusaka, Museum Indonesia

7 Rumah Ibadah , yaitu Masdjid Diponegoro,Gereja Katolik Santa Catharina,Gereja Kristen Protestan Haleluya, Pura Penataran Agung Kertabhumi, Wihara Arya Dwipa Arama, Sasono Adiroso Pangeran Sambernyowo dan Klenteng Kong Miao

12 Taman , yaitu taman Kupu-kupu, taman Prasasti APEC, taman Apotik Hidup, taman Reptilia, taman Monumen Persahabatan Negara Non Blok, taman Budaya Tionghoa, taman Melati, taman Bekisar, taman Burung, taman Bunga Keong Emas ,taman Kaktus dan taman Manasik Haji

Wahana Rekreasi, yaitu Sasana Kriya, Desa Seni dan Kerajinan, Theater Tanah Airku, Snowbay Water Park, Istana Anak-anak Indonesia, Pusat Peragaan IPTEK, Pemancingan Telaga Mina, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4 Dimensi, Balon Udara Raksasa, Pasar Buku Langka, Plaza Arsipel, Sasono Adiguno, Sasono Langen Budoyo, Sasono Utomo dan Lingkungan TMII

Hotel & Resto, yaitu Graha Wisata Remaja, Hotel Desa Wisata, Puri Caping Gunung, Pondok Pecel Madiun dan Pasar Tiban

Sarana Keliling, Sky Lift, Aeromovel Indonesia, Kereta Api Mini, Mobil keliling, Perahu Angsa dan Sepeda Keliling

Dengan perjalanan waktu yang cukup lama ini, Taman Mini Indonesia Indah wajib kita dukung untuk selalu berbenah menjadi lebih baik. Sebagai media pembelajaran bagi generasi penerus bangsa dalam upaya pembentukan karakter bangsa yang berkepribadian luhur, berbudaya dalam Bhinneka Tunggal Ika sangatlah tepat jika Taman Mini Indonesia Indah nantinya menjadi warisan budaya yang diakui bangsa-bangsa lain di dunia. Potensi yang sangat potensial dalam upaya membentuk pribadi yang bangga dalam berbangsa dan bertanah air INDONESIA.


BACA JUGA :
TMII- "Indonesia, Kami Bangga Kepadamu"
TMII - Dilihat dari Berbagai Sudut Pandang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...